PENYOKONG HIDUP

Allah adalah roh dan sumber kehidupan. Kita tidak dapat hidup tanpa adanya dukungan unsur semesta alam, kita hanyalah sebuah roh yang dihembuskan kedalam tubuh kita yang dalam pertumbuhannya membutuhkan unsur semesta alam. Air, udara, sinar matahari, tumbuh-tumbuhan dan mahluk hidup yang ternyata semuanya tidak gratis, bukan berarti karena mudah didapat lalu kita mempergunakan seenak hati kita tanpa memperhitungkan hutang kita terhadap unsur tersebut. Menghargai dan mensyukuri serta mempergunakannya secara benar terhadap semua unsur tersebut merupakan salah satu cara untuk membayarnya. Untuk mendapatkan sebuah karya manusiapun kita juga membayarnya apalagi karya Allah yakni semua unsur tersebut. Pemahaman ini sebenarnya sangat ringan namun bila anda dapat memahaminya, itu artinya bahwa anda memasuki level yang tinggi. Untuk tingkat kesempurnaan (tentang pemahaman yang benar) saya juga sudah tahu dan mengerti namun saya belum memahaminya karena masih dalam proses. Semua yang saya jelaskan ini juga sudah saya tahu dan mengerti namun belum memahaminya juga, saya berbagi atas apa yang saya tahu dan mengerti dan yang saya dapatkan sendiri.

Mengerti bukan berarti paham, dibawahnya mengerti adalah tahu atau sekedar tahu, Paham adalah bila kamu tahu lalu mengerti disertai adanya suatu rasa, kemudian melakukan apa yang kamu mengerti dengan segenap/setulus hati karena memang akan kamu rasakan didalam hati dan menumbuhkan suatu rasa sukacita atau bahagia sehingga  itu tidak akan pernah hilang atau lupa dan (justru akan menemukan hal atau pemahaman yang baru) semuanya akan melekat dan membentuk suatu pola hidup benar. Yang tersulit memang mempertahankan pola hidup yang benar, karena manusia dalam hitungan detikpun dapat berubah seratus delapan puluh derajat karena tidak dapat menguasai jiwa atau keinginannya yang cenderung mengarah ke duniawi. Dengan melakukan apa yang kamu mengerti maka akhirnya kamu akan memahami, karena hanya dengan merasakanlah kamu akan memahami apa yang kamu mengerti. Jika kamu telah memahami dari apa yang kamu mengerti, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan suatu pengetahuan baru, begitu seterusnya sampai akhirnya kamu akan dapat memahami siapa Allah.

Kita akan kembali kepembahasan awal, yaitu penyokong hidup dan kita akan perjelas cara menghargai unsur semesta alam sebagai penyokong hidup kita. Saya akan mencoba sebisa saya untuk sedikit membantu memahami hal ini, mungkin dengan beberapa contoh dibawah ini dapat membuat kita memahami.

Air
Kita selalu berkelimpahan air karena memang wilayah kita kaya akan sumber air sehingga mudah didapatkan. Manusia tanpa air pasti akan mati, kita sendiri 60%nya adalah air, kita tahu bahwa air adalah sarana untuk menyegarkan tubuh kita, untuk memasak/mencuci, melegakan rasa dahaga kita dan lain-lain, namun anda harus mengerti bahwa air adalah sumber hidup, yang berperan penting dalam pertumbuhan hidup kita sehingga air merupakan bagian terbesar dari tubuh kita, yang harus anda pahami siapa yang membuat air ini ada? Ada satu hal yang harus anda tahu, bahwa air merupakan salah satu sarana untuk menyembuhkan segala penyakit. Caranya begini, masukkan air kedalam wadah entah itu bak, ember, baskom dan lain-lain yang berwarna biru lalu jemurlah, sorenya pakailah air yang sudah anda jemur tadi untuk berendam, tetapi tentunya sebelumnya lakukanlah senam atau gerak tubuh menurut hati nurani, ketahuilah bahwa hati nurani adalah suara kebenaran, mengertilah bahwa bila anda menghadapi suatu pilihan antara ya dan tidak, hati nurani hadir disitu dan berusaha keras berjuang mengarahkan anda pada pilihan yang benar, hidup adalah pilihan, semua terserah anda, namun hati nurani tetap akan berjuang keras melawan jiwa atau keinginan anda bila tidak benar. Tetapi sayangnya kita justru sering mengalahkannya, padahal apabila kita mau mengasah hati nurani (yang sebenarnya adalah Roh kudus => menurut saya) maka kita akan dapat mengetahui segala sesuatu tentang kebenaran yang sejati, banyak orang yang mengatakan "MISTERI", menurutku istilah kata misteri itu hanya berlaku bagi orang-orang yang sering mengalahkan hati nurani daripada keinginannya, dan malas untuk mengasah hati nurani tersebut yang merupakan sumber pengetahuan yang tak terbatas. Dengan membuat komitmen dengan hati nurani maka istilah misteri dapat kita ungkap, dan ketahuilah bahwa kenyataan itu sangat menyakitkan bila didengar oleh orang-orang yang mengalahkan hati nurani.
Kita kembali lagi keatas, bila anda belum bisa memahami apa yang telah saya jlentrehkan/jelaskan tentang hati nurani, alternatif lain untuk mengganti gerakan menurut hati nurani, akan saya jelaskan pada penjelasan berikutnya,

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan salah satu unsur penyokong hidup kita, unsur ini juga dapat menyembuhkan segala penyakit, melalui keringat yang keluar pada tubuh kita yang terkandung banyak racun dan bahan pengawet yang merusak sistem Allah. Berkaitan dengan penjelasan diatas, bila anda belum memahami dengan apa yang telah saya jelaskan tentang hati nurani, maka alternatifnya adalah dengan jalan berjemur. Jadi jangan heran bila ada bule berjemur tanpa busana selembar pun, mereka membuka pakaiannya untuk menjemur bagian-bagia tubuh yang tersembunyi yang terdapat banyak kuman maupun bakteri ataupun virus, apalagi alat kewanitaan yang terbungkus rapat. Cuma mereka salah tempat, karena mengira masyarakat kita sama dengan masyarakat ditempatnya, yang dianggapnya berjemur adalah hal yang biasa.
Kita tahu, sinar matahari diperlukan untuk fotosintesis pada tumbuhan dan kita juga tahu bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang berfungsi untuk perkembangan tulang kita. Sehingga anda mengerti bahwa sinar matahari benar-benar sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dan mahluk hidup, sekarang kita harus paham bahwa dengan sinar matahari, kita maupun tumbuhan akan tumbuh dan berkembang. Jika anda belum paham, saya akan memberikan contoh mudah-mudahan dengan contoh anda dapat memahaminya.
Lihatlah sekeliling anda, lihatlah sebuah pohon yang ada didekatmu, perhatikan dengan baik-baik dan lihatlah apakah dia mati dengan cahaya matahari yang terik? Agar lebih mudah memahami cobalah anda berjemur, pejamkan mata lalu rasakan kehangatannya dan nikmati serta syukuri apa yang telah anda manfaatkan dengan sinar ini, lalu hayatilah arti tentang keagungan Tuhan.
Setelah berjemur anda serasa cukup, berendamlah kedalam air yang telah anda jemur, nikmati dan syukuri atas semua yang anda rasakan dengan menghayatinya.

Apakah dengan dua contoh diatas, sekarang anda sudah memahaminya? Jika anda masih belum bisa memahaminya atau malah membikin pusing/puyeng/limbung, artinya jangan memaksanya karena anda belum mencapai level ini. Baca lagi pemahaman-pemahanku sebelumnya, jangan memaksa untuk membaca artikel berikutnya, karena akan semakin berat. Kalau cuma ingin sekedar tahu saja ya silahkan tetapi jangan memaksakan diri. Allah tidak pernah tidur makanya jangan kuatir karena Allah akan selalu memberikan pengertian-pengertian baru. Maka sebaiknya raihlah salah satu karunia Allah supaya anda dapat cepat memahaminya. Ingat, bahwa Allah memberikan porsi yang sama kepada kita, cuma terserah kita mau mengambilnya apa tidak (maaf bila ada yang merasa tersinggung, yang  saya tahu dan mengerti serta pahami bahwa karunia bukan hanya dapat dimiliki oleh golongan, status, jabatan, kelompok, agama, tertentu). Jika ada yang mempunyai pendapat berbeda, artinya dia berada pada level paling bawah. Allah tidak pernah menyuruh, Allah memberi kebebasan sepenuhnya kepada manusia.

Tuhan memberkati.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PENYOKONG HIDUP"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top